Sekolah Inklusi dan Ketersediaan Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas

Pendidikan merupakan hak bagi semua warga negara. Kesempatan untuk bersekolah juga patut untuk dienyam oleh siapa pun, baik itu siswa reguler maupun siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus).

Dengan kata lain, idealnya, tidak ada lagi sekat sosial antara masyarakat umum dan penyandang disabilitas dalam sektor pendidikan formal. Salah satu sekolah yang dapat dipilih untuk para ABK adalah sekolah inklusi.

Lalu, apa yang dimaksud dengan sekolah tersebut dan bagaimana ketersediaan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Sekolah Inklusi?

Sekolah inklusi merupakan sekolah biasa atau sekolah reguler yang menyiapkan sarana dan fasilitas untuk para disabilitas. Selain itu, sekolah juga menyediakan guru pendamping khusus untuk mereka.

Di sekolah tipe ini, para penyandang disabilitas belajar bersama dengan para siswa umum atau yang tidak mempunyai kebutuhan khusus. Para ABK menjadi siswa yang aktif dalam proses belajar mengajar di kelas di semua mata pelajaran.

Sekolah inklusi menciptakan kesempatan terjadinya interaksi sosial antara para penyandang disabilitas dengan masyarakat umum. Selain itu, Lembaga pendidikan ini juga memberikan kesempatan kepada para ABK untuk bisa berhasil dalam belajar di sekolah umum.

Hak-Hak Penyandang Disabilitas

Mengetahui apa saja hak para penyandang disabilitas merupakan sebuah hal yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan penerapan pemenuhan hak-hak dalam UU Disabilitas juga masih harus diperjuangkan, khususnya, terkait tekad dan masa depan mereka.

Upaya ini terus berjalan, terbukti dengan hadirnya UU Nomor 8 Tahun 2016 pasal 5 yang mengatur secara khusus hak-hak para disabilitas, di antaranya mencakup hak hidup, hak privasi, dan hak keagamaan.

Salah satu hak yang juga wajib didapatkan oleh para disabilitas adalah hak pendidikan. Wujud nyata pemenuhan hak tersebut adalah dengan menyediakan pendidikan inklusi. Melalui lembaga tersebut, para ABK dapat memperoleh kesetaraan dalam perolehan ilmu pengetahuan serta mendapatkan fasilitas yang menunjang proses pembelajarannya.

Aksesibilitas untuk Para Disabilitas

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah aksesibilitas bagi para penyandang disabilitas. Setidaknya ada dua hal yang harus dipenuhi, yakni aksesibilitas fisik dan non fisik. Aksesibilitas fisik bisa berupa bangunan, jalan umum, angkutan, dan berbagai fasilitas umum lainnya. Sedangkan aksesibiltas non fisik berupa pelayanan umum dan informasi.

Di sekolah dengan model inklusi, ABK harus mendapatkan haknya untuk dapat mengikuti pembelajaran secara nyaman. Salah satunya adalah dengan menyediakan fasilitas penunjang belajar. Sebagai contoh, sekolah dapat menyediakan ramp yang bisa diakses menggunakan kursi roda, guiding block untuk disabilitas netra, dan masih banyak lagi.

Di samping itu, aksesibiltas informasi juga harus diperhatikan. Umumnya, semua informasi disajikan dalam bentuk tulisan. Hal tersebut tentu saja kurang aksesibel bagi para disabilitas netra. Maka, ada baiknya akses informasi juga disediakan dalam bentuk petunjuk suara.

Pelatihan untuk Guru

Umumnya, guru-guru di sekolah dengan model inklusi juga sudah mendapatkan pelatihan terkait bagaimana mengajar dan menghadapi ABK. Khususnya, bagaimana mengajar tanpa membuat para murid ABK dan murid reguler merasa dibedakan.

Aksesibilitas informasi juga dapat diimplementasikan oleh guru. Contohnya, dengan menggunakan bahasa isyarat di saat kegiatan belajar apabila di dalam kelas tersebut ada murid yang tuli. Hal tersebut patut diterapkan supaya semua siswa dapat belajar dengan maksimal dan mengikuti pelajaran di sekolah.

Nah, itu tadi ulasan mengenai definisi sekolah inklusi, hak-hak penyandang disabilitas, dan juga aksesibilitas untuk para disabilitas. Harapannya, ketersediaan akses dan fasilitas bagi penyandang disabilitas dapat terus ditingkatkan sehingga, para mereka dapat mengembangkan potensinya semaksimal mungkin.

Bagi Anda yang ingin ikut mendukung kemandirian disabilitas, jangan lupa untuk menginstal aplikasi Parakerja, sebuah aplikasi yang bisa memudahkan para disabilitas dan nondisabilitas untuk mendapatkan modul pelatihan kerja. Yuk, instal Parakerja sekarang juga!